Implementasi Software Akuntansi - Software Akuntansi

Implementasi Software Akuntansi

Implementasi Software Akuntansi

Software akuntansi adalah sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk mempermudah akuntan dalam membuat laporan keuangan. Sebuah sistem dengan bahasa program yang disusun dengan kemampuan menyimpan dan menghitung yang sangat cepat dan handal sehingga mempersingkat waktu dalam penyusunan laporan keuangan.

software-akuntansi

Bahasa program software akuntansi dari masa ke masa mengalami perubahan dari Menggunakan visual basic, Foxpro, C++, .Net, hingga yang terbaru menggunakan Golang. Begitupula dengan database yang digunakan pun beraneka ragam tergantung kompleksitas dari software akuntansi itu sendiri.

Bagaimana Implementasi software akuntansi

Dalam melakukan proses implementasi software akuntansi tentunya dibutuhkan team yang memahami proses akuntansi itu sendiri, namun apakah dengan team yang tidak memiliki keahlian dalam akuntansi dapat dengan mudah memproses software akuntansi, jawabannya tergantung dengan kemudahan dari software akuntansi itu sendiri.

Semakin canggih software akuntansi kadang kala UI atau tampilan dari aplikasi sangat tidak user friendly. Padahal penggunaan software akuntansi ini untuk memudahkan perusahaan dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu dalam proses operasional perusahaan.

Siapa yang tidak bisa berteman dan memanfaatkan teknologi akan tertinggal, terutama perusahaan bisnis. Saat ini adalah era digitalisasi dimana semuanya serba dilakukan secara digital, praktis, dan cepat, sehingga siapa yang masih mengandalkan sistem manual akan mengalami kemunduran. Bukan berarti mengerjakan bisnis dengan cara manual tersebut tidak bagus, namun jika ada cara yang lebih cepat dan mudah mengapa tidak? Apalagi tuntutan bisnis semakin besar dan persaingan bisnis semakin ketat sehingga operasional manual dianggap lebih lama dan sering menciptakan human error.

Error inilah yang sebenarnya berpengaruh terhadap bisnis terlebih lagi jika error tersebut berhubungan dengan keuangan perusahaan tentu data yang disajikan dalam laporan keuangan itu menjadi tidak real-time dan tidak sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan sebenarnya. Tidak hanya itu saja penanganan proses akuntasi dengan cara manual dianggap yang lebih lama sehingga membuat proses tersebut tidak berjalan secara efektif dan efisien.

Implementasi Accounting Software


Karena beberapa alasan tersebut kini banyak perusahaan yang banyak mempercayakan proses akuntansinya pada software akuntansi. DI dalam software ini memiliki sistem yang dirancang khusus untuk bisa menyelesaikan operasi akuntansi yang diperintahkan kepadanya. Meski di klaim lebih mudah, cepat, dan akurat nyatanya perusahaan yang belum paham bagaimana pengimplementasian software ini dengan baik tidak akan mendapatkan manfaat yang maksimal.  Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal, berikut ini adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam implementasi accounting software Indonesia:
 
SDM

Hal pertama yang penting untuk dipertimbangkan adalah SDM.  SDM yang akan berhubungan dengan operasional software tersebut harus mengetahui bagaimana software tersebut bekerja. Bisa saja Anda tahu cara  operasional software tersebut, namun bagaimana dengan SDM-SDM Anda? Agar implementasi maksimal Anda bisa membentuk tim khusus untuk mengikuti training atau pelatihan software tersebut. Pilihlah SDM yang kompeten dan tidak gagap teknologi sehingga bisa mengoperasionalkan software tersebut dengan baik.

Infrastruktur

Agar bisa mengimplementasikan accounting software Indonesia dengan baik Anda bisa mengecek apakah infrastrukturnya memadai atau tidak. Pastikan jika komputer yang Anda gunakan sudah sesuai dengan spesifikasinya. Tidak hanya itu saja, komputer server juga harus diperhatikan. Jika Anda memilih software yang bisa digunakan untuk multi user sebaiknya siapkanlah komputer server yang benar-benar mendukung hal tersebut.
 
Jaringan komputer

Agar accounting software Indonesia bisa di implementasikan dengan baik sebaiknya Anda memperhatikan jaringannya. Jika software akuntansi yang Anda pilih tersebut lebih dari 1 user Anda harus menyiapkan jaringan komputer yang mana sering disebut dengan LAN. Jika tidak didukung dengan jaringan tersebut maka software akan kesulitan untuk dijalankan lebih dari 1 user.
 
Tingkat kompleksitas

Khusus perusahaan yang baru berjalan atau berkembang dan ingin menggunakan software atau aplikasi ini ada baiknya Anda memilih yang memiliki tingkat kompleksitas yang lebih rendah dibandingkan dengan bisnis besar yang memiliki kompleksitas lebih tinggi. Agar bisa dioperasionalkan secara maksimal penting bagi Anda untuk tahu apa saja kebutuhan bisnis Anda dan apakah software tersebut mampu mencukupi kebutuhan bisnis Anda atau tidak.

Waktu implementasi

Yang terakhir tentukan watu operasionalnya. Jika lancar waktu operasional dan implementasi software tersebut berjalan 1 sampai dengan 3 bulan saja namun jika kurang lancar membutuhkan waktu yang lebih lama dari 3 bulan. Agar waktu implementasinya sesuai dengan rencana sebaiknya pilih vendor yang berkualitas yang juga memiliki pelatih yang berkualitas sehingga mereka akan bisa memberikan contoh bagaimana mengimplementasikan software akuntansi tersebut dengan mudah dan tepat.

Akuntansi Berjalan Otomatis dan Mudah

Hal pertama yang menjadi tanda perusahaan tersebut sukses mengimplementasikan software ini adalah proses akuntansi yang berjalan otomatis dan juga mudah. Bisnis yang sukses dalam menggunakan software ini memiliki kondisi keuangan yang mudah diketahui setiap saat. Proses dalam mencatat, mengidentifikasi, sampai dengan menyajikan data berhubungan dengan transaksi juga mudah.

Software juga akan mudah memberikan informasi yang berhubungan dengan keuangan sehingga menciptakan potensi bagi perusahaan untuk memudahkan mencapai pengambilan keuntungan. Tanda perusahaan sukses mengimplementasikan software akuntansi selanjutnya adalah perusahaan mampu menyediakan data secara lengkap, mengelola utang piutang dengan cepat dan tepat, mampu mengelola persediaan atau stok barang secara otomatis, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak Overlapping

Tanda perusahaan sukses dalam mengimplementasikan software khusus akuntansi ini adalah tidak overlapping. Karyawan yang berkerja tidak akan saling tumpang tindih atau overlapping karena semua karyawan memiliki hak akses ke software tersebut, begitu pula sebaliknya yang tidak memiliki kepentingan tidak akan bisa membukanya.

Laporan Keuangan Lebih Praktis

Tanda software bisa digunakan baik oleh perusahaan akan membuatnya mudah dalam membuat laporan keuangan. Laporan keuangan bisa langsung jadi tanpa harus mengalami error terlebih dahulu. Selain itu tanda jika implementasi ini sukses adalah laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan akan semakin tepat dan akurat. Data yang tersaji di dalam laporan tersebut adalah real-time dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Keberagaman Data

Tanda perusahaan sukses dalam mengimplementasikan software khusus akuntansi adalah keberagaman data. Keberagaman data itu ada karena perusahaan akan bisa melakukan input data dengan mudah dan juga cepat, selain itu data yang di input tersebut akan bisa terlihat oleh divisi yang bersangkutan sehingga informasi akan menjadi lebih cepat tersampaikan dibandingkan dengan yang dilakukan secara manual.
 

Pekerjaan Lebih Efisien dan Cepat

Perusahaan yang sukses dalam mengimplementasikan software akuntansi ini akan bisa bekerja lebih efisien dan cepat. Pada umumnya perusahaan yang mengurus bagian keuangan perusahaan membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan menggunakan software khusus akuntansi yang mana hanya dengan sekali klik saja data dan transaksi akan bisa masuk dengan cepat. Pencatatan keuangan pun juga lebih akurat sehingga Anda bisa membuat keputusan bisnis dengan cepat dan tepat. Hal ini berlaku pada semua bisnis seperti kafe, perdagangan, kuliner, usaha, manufaktur, hingga usaha dalam bidang jasa.

Akses yang Mudah

Bagi pebisnis yang sudah menggunakan software khusus akuntansi ini akan mudah mengakses cabang bisnis dengan mudah. Tentu Anda akan kesulitan jika harus mengetahui kondisi keuangan di semua cabang bisnis Anda dengan baik, untungnya berkat software khusus akuntansi ini semua kondisi keuangan bisa terlihat dengan baik dan juga data yang disajikan lebih real time. Jika Anda sudah menggunakan software ini namun masih kesulitan untuk mengakses informasi keuangan di cabang bisnis Anda mungkin ada kesalahan software maupun cara operasional yang harus segera perbaiki.

Pada dasarnya software khusus akuntansi akan memudahkan proses transaksi dan juga akuntansi perusahaan sehingga manajemen keuangannya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Oleh sebab itu jika beberapa tanda di atas belum bisa Anda capai sebaiknya segera konsultasikan kepada vendor penyedia jasa software akuntansi tersebut untuk memperbaiki software yang Anda gunakan.

FR Consultant Indonesia sebagai salah satu partner Resmi dari Jurnal.id software akuntansi berbasis cloud dengan harga yang murah, tampilan user friendly, dan kemampuan membuat berbagai laporan keuangan dengan cepat dan mudah. Tentu akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan bisnis anda. 

Segera konsultasikan kebutuhan software akuntansi bisnis anda bersama FR Consultant Indonesia.

0 Response to "Implementasi Software Akuntansi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel