Pembukuan Itu Memudahkan Kontrol Bisnis Loh? - Software Akuntansi

Pembukuan Itu Memudahkan Kontrol Bisnis Loh?

Pembukuan-itu-memudahkan-kontrol-bisnis-loh

Dalam proses bisnis ada satu unsur yang sering dilupakan oleh para para pengusaha yang baru merintis yaitu pembukuan. Padahal pembukuan itu merupakan salah satu unsur terpenting dalam pengembangan usaha selain strategi marketing. 

Sebagai seorang akuntan, saya bisa mengatakan bahwa pembukuan itu merupakan jiwanya bisnis karena tanpa pembukuan anda akan seperti tersesat di luasanya lautan bisnis. Dengan adanya pembukuan anda akan diberikan arahan yang tepat dan akurat sehingga mampu membuat 

  1. Strategi marketing yang tepat
  2. Membuat pola produksi yang efisien
  3. Menentukan SOP Perusahaan yang efektif untuk meningkatkan kinerja tim.

Lantas Mengapa Banyak Perusahaan Melupakan Pembukuan?

Pembukuan di anak tirikan dikarenakan hal ini masih dianggap sepele, menentukan harga jual masih bisa dilakukan dengan cara hitungan kasar dengan otak tanpa perlu kalkulasi detail seperti menghitung :

  1. Cost of Production dari material
  2. Penambahan labour (Tenaga Kerja) dilupakan
  3. Dan Biaya - Biaya Terkait dengan produksi tersebut juga tidak dimasukan ke dalam cost of production
  4. Nah yang ini paling parah, pajak kadang dilupakan sehingga pada saat perusahaan telah memperoleh pendapatan diatas 4.8 M pertahun perusahaan berfikir harga tidak akan masuk atau bersaing dengan kompetitor jika dikenakan ppn 10%.

Karena itu terkadang kami memberikan advise tentukan harga jual itu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, anda harus menghitung secara detail dan mempersiapkan seluruh komponen yang akan mempengaruhi perusahaan sehingga jika mengalami kenaikan harga yang dipublish masih akan tetap bisa bersaing dengan kompetitor.

oleh karena itu pembukuan sangat diajurkan untuk dilakukan dari awal anda mendirikan bisnis. Dengan seluruh data yang tercatat ke dalam pembukuan akan memberikan anda keuntungan dalam menentukan strategi bisnis yang tepat untuk menumbuhkan bisnis anda.

Pembukuan adalah SOP Awal

Dengan menerapkan pembukuan anda telah menerapkan SOP Pertama dalam bisnis, karena dengan pembukuan akan membuat anda melakukan kontrol atas pengeluaran uang perusahaan sehingga akan memberikan manfaat :

  1. Membuat bagaimana bisnis anda tetap berjalan sesuai koridor budget yang telah ditentukan.
  2. Meminimalisir pengeluaran yang kurang efisien.
  3. Meningkatkan kestabilan usaha untuk jangka panjang.

Lalu mau sampai kapan anda akan melupakan pembukuan? yuk mari kita mulai menerapkan pembukuan sebagai dasar pondasi bisnis kita. Apakah anda berfikir pembukuan itu sulit, kini ada yang namanya software akuntansi loh itu memudahkan kita untuk membuat pembukuan secara cepat, tepat dan akurat sehingga tidak ada lagi alasan untuk anda tidak melakukan pembukuan.

Tidak mengerti menerapkan pembukuan, anda bisa menghubungi konsultan yang memberikan layanan pembukuan seperti FR Consultant Indonesia. Konsultan ini tidak hanya memberikan layanan pembuatan pembukuan melainkan juga memberikan advise terkait penerapan pembukuan di perusahaan anda.

Share ya jika dirasa artikel ini bermanfaat



0 Response to "Pembukuan Itu Memudahkan Kontrol Bisnis Loh?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel