Contoh Software Akuntansi - Software Akuntansi

Contoh Software Akuntansi

contoh-software-akuntansi

Sejak lulus kuliah di tahun 2006 penulis telah mencoba berbagai software akuntansi yang digunakan di indonesia. Pada saat akhir kuliah di tahun 2006 software akuntansi dari accurate menjadi primadona karena software ini baru launching atau memang penulis baru mendengarnya, karena itu sangat tertarik sekali untuk mencoba menggunakan software akuntansi ini.

Pada saat bekerja sebagai accounting staff di perusahaan kabel di jakarta, perusahaan ini ternyata menggunakan software akuntansi berbasis database fox pro yang warnanya biru tua, tentu ini sangat kuno dibandingkan dengan accurate dimasa itu. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya perusahaan melakukan upgrade aplikasi keuangan menjadi menggunakan accurate.

Migrasi yang dilakukan oleh sistem accurate ini tentunya tidak semudah yang diharapkan karena memang baru pertama kali menggunakan sistem keuangan tercanggih dimasanya, sebelum mengenal SAP. Setahun menggunakan software akuntansi dari accurate membuat penulis memahami pola dari akuntansi berbasis sistem itu sangat memudahkan pekerjaan sebagai seorang akuntan.

Setelahnya penulis melanjutkan pengalaman sebagai auditor selama 2 tahun dengan memperdalam ilmu akuntansi dan audit disertai ketertarikan membuat software akuntansi menggunakan excel. namun dengan berbagai keterbatasan dari excel tentunya berharap bisa membuat software akuntansi berbasis database seperti visual basic maupun SQL Server. Namun apa dikata, kemampuan setiap orang terbatas, lalu datang kesempatan untuk bekerja di perusahaan software house.

Di perusahaan ini penulis bekerja sebagai seorang implementasi software akuntansi, kemudian menjadi analis software akuntansi. Di tahun-tahun berikutnya penulis belajar banyak mengenai pola pembuatan software akuntansi, penerapannya di dalam perusahaan dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan sistem keuangan di perusahaan.

Dalam perjalanannya hingga tahun 2016 penulis telah berkeliling indonesia untuk mengimplementasikan software akuntansi ke perusahaan-perusahaan dengan skala kecil yang bekerja sama dengan Telkom Indonesia. Namun pada tahun-tahun tersebut realita dilapangan adalah banyak dari para pengusaha tidak membutuhkan software akuntansi dibandingkan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan mereka.

Hingga di Maret 2016 penulis memutuskan untuk mendirikan usaha konsultan dengan nama FR Consultant Indonesia sesuai dengan cita-cita yang pernah diutarakan bersama teman-teman seperjuangan diauditor. Di maret 2016 itu penulis mulai melakukan pekerjaan sebagai konsultan pembukuan, berkerja sama dengan software house yang dirasa aplikasinya akan memberikan kemudahan dalam pekerjaan yaitu Jurnal.id

Bersama jurnal.id sejak 2016 hingga hari ini FR Consultant Indonesia telah menghandle banyak pelanggan dari skala kecil hingga menengah di Indonesia untuk menerapkan pembukuan secara tersistematis dan akurat untuk membantu menumbuhkan bisnis perusahaan.

Jadi jika ditanya contoh software akuntansi yang pernah digunakan secara penuh, maka penulis dapat merangkum menjadi beberapa software yaitu :

  1. Software akuntansi Myob
  2. Software akuntansi Accurate
  3. Software akuntansi Zahir
  4. Software akuntansi SOFI
  5. Software akuntansi Jurnal.id
  6. Software akuntansi Quickbook
Demikianlah cerita singkat mengenai sejarah penulis dengan software akuntansi.

0 Response to "Contoh Software Akuntansi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel