Software Akuntansi - Software Akuntansi

Software Akuntansi

Software Akuntansi

Software akuntansi adalah sebuah sistem yang di design untuk memudahkan para accounting untuk membuat sebuah laporan keuangan dalam waktu yang singkat. Proses pengembangan sistem akuntansi ini sudah berjalan bertahun-tahun dengan banyak pengembangan yang dilakukan oleh berbagai vendor software house di seluruh dunia.

software-akuntansi

Salah satu software akuntansi kelas dunia yang banyak digunakan adalah SAP atau yang disingkat dari System Application and Processing. 

Pembuat SAP adalah lima orang mantan karyawan IBM. Saat itu mereka berkumpul dan mendirikan sebuah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dalam analisis sistem dan pengembangan program. Pekerjaan pertama lima orang mantan karyawan IBM tersebut adalah untuk keperluan pengembangan sistem perangkat lunak dengan sistem kerja mirip IBM.

Namun sebelum adanya software akuntansi yang membantu pekerjaan akuntan untuk membuat laporan keuangan, proses pembuatan laporan keuangan dilakukan secara manual menggunakan buku atau yang paling canggih menggunakan excel.

Hingga saat ini mayoritas penggunaan excel sebagai tools untuk membuat laporan keuangan masih banyak digunakan di seluruh dunia. Karena transformasi teknologi dari manual ke sistem sangat sulit dilakukan hal ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya :

  1. Software akuntansi identik dengan harganya yang mahal
  2. Implementasi dari software akuntansi tersebut sangat sulit dilakukan oleh orang awam yang tidak memahami penggunaan komputer.
  3. Takut mengalami error yang disebabkan salah penggunaan.
  4. Tidak mau berubah, masih suka dengan teknik manual.
Padahal jika kita melihat pengembangan software tersebut adalah untuk mempermudah pekerjaan kita sebagai akuntan agar cepat dalam membuat laporan keuangan. Tetapi itu semua kembali kepada pemilik usaha apakah mereka mempercayai tim accountingnya bekerja secara manual atau mau memberikan tools yang mampu membuat tim accounting bekerja secara maksimal dan efisien, sehingga dapat memberikan laporan keuangan sebagai salah satu teknik pengembangan perusahaan. 

Mengapa saya menyebutkan sebagai teknik pengembangan perusahaan, karena dengan adanya laporan keuangan anda sebagai pemilik usaha bisa membaca dan menganalisa kondisi keuangan perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan menentukan strategi bisnis yang tepat agar perusahaan dapat tumbuh menjadi perusahaan yang besar.

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Di Bisnis

Dalam dunia bisnis informasi itu sangat penting, kecepatan dan akurasi dalam memperoleh data informasi ibarat dunia intelegensi dalam militer. Bagaimana kita bisa memenangi perperangan jika data intelegensinya salah, tidak akurat dan memberikan informasi yang kurang tepat. Tentu akan memberikan dampak yang buruk terhadap penentuan strategi perperangan.
Hal tersebut juga berlaku di dunia bisnis, informasi yang tidak tepat, tidak cepat dan tidak akurat akan memberikan kesalahan dalam penerapan strategi marketing. Oleh karena itu menerapkan software akuntansi di dalam bisnis akan memberikan anda banyak manfaat diantaranya :
  1. Memastikan kontrol atas keuangan perusahaan
  2. Mengelola pengeluaran perusahaan dengan mudah
  3. Meningkatkan akurasi data transaksi keuangan
  4. Mempermudah Mengambil keputusan pimpinan
  5. Meningkatkan keamanan data keuangan
  6. Meningkatkan produktivitas karyawan
  7. Mampu membuat perencanaan keuangan perusahaan
  8. Mempermudah dalam operasional bisnis perusahaan
  9. Mempermudah dalam membuat laporan keuangan
Dari seluruh keuntungan menggunakan software akuntansi tersebut, membuat perencanaan strategi keuangan dan membantu pengambilan keputusan bisnis akan sangat signifikan dalam pertumbuhan perusahaan.

Software Apa Saja Yang Cocok Untuk Perusahaan Kecil Di Indonesia

Indonesia sebagai market yang sangat besar dengan jumlah penduduk mencapai 200 juta jiwa dan menurut hasil survey BPS untuk tahun 2019 Jumlah perusahaan di indonesia dengan skala Mikro sebanyak 4.127.108 sedangkan usaha kecil sebanyak 253.068 belum lagi perusahaan dengan skala menengah informasi yang diperoleh penulis sebanyak 26 juta. 

Lantas apakah semua perusahaan tersebut sudah menggunakan software akuntansi, jawabannya penulis adalah mungkin sudah hampir 90% menggunakan software dengan berbagai tingkatan seperti :
  1. Excel 
  2. Software yang ada di pasaran
  3. Software Khusus Enterprise seperti SAP
  4. Software Buatan Khusus
Lantas software apa saja yang ada di Pasaran Indonesia. Beberapa software yang diketahui ada di pasaran indonesia dan banyak penggunaannya adalah sebagai berikut :

Jurnal.id

Software akuntansi dari jurnal.id adalah software yang dimiliki oleh Mekari - PT Mid Solusi Nusantara. Pengembangan software akuntansi ini berbasis online sehingga mempermudah dalam proses terintegrasi & pengembangan bisnis tanpa batas. Dengan software ini diharapkan memudahkan perusahaan menjalankan bisnis dan tetap terhubung secara otomatis dengan data dan para akuntan. Proses integrasi secara langsung dengan berbagai fitur dan aplikasi tambahan membuat bisnis perusahaan jadi lebih efektif dan optimal.

software-akuntansi-jurnal-id

Ini Keuntungan menggunakan software akuntansi dengan konsep cloud

Database lokal mungkin saat ini sudah ketinggalan zaman, saat ini teknologi telah berubah menjadi cloud database sehingga menyimpan semua data Anda secara online hal ini berdampak kepada data tersebut bisa di akses kapan saja di mana saja, selama ada jaringan internet dan tanpa repot menginstal aplikasi. Ini 4 keuntungan software akuntansi berbasis cloud untuk bisnis Anda

Hemat biaya dan waktu

Bebas biaya kebutuhan server konvensional (upgrade versi, pemeliharaan, administrasi dan perbaikan) Keperluan server ditanggung penyedia layanan cloud.
jurnal-id-Hemat-biaya-dan-waktu

Tampilkan cash flow terkini dan real time

Cari tahu kondisi cash flow terkini perusahaan secara real time dan dapatkan kemudahan menyelesaikan pekerjaan keuangan harian secara otomatis.
jurnal-id-tampilan-cash-flow-terkini-dan-real-time

Aman dan back-up data otomatis

Memiliki sistem keamanan layaknya sebuah bank yang menjamin perlindungan pada data Anda. Jurnal juga sudah tersertifikasi ISO / IEC 27001.

Mendukung pertumbuhan bisnis

Teknologi cloud yang fleksibel mengikuti pertumbuhan bisnis. Sehingga saat bisnis Anda telah mencapai skala besar, bisa lebih hemat biaya untuk infrastruktur IT.

Mengapa harus beralih ke software akuntansi berbasis cloud dari Jurnal.id?

Bandingkan mengelola keuangan bisnis cara konvensional dengan menggunakan software akuntansi dari Jurnal.id maka akan terdapat beberapa perbedaan yaitu :


5 Alasan Jurnal Menjadi Plihan Utama Bisnis di Indonesia

Software akuntansi dari jurnal.id mengubah cara kelola pembukuan yang tadinya manual menjadi lebih cepat dan efisien dengan berbagai fitur canggih yang tidak dimiliki oleh software akuntansi sejenisnya di indonesia. Berikut ini adalah 5 alasan mengapa harus memilih jurnal.id yaitu :
  1. Pionir dalam mengubah cara pandang software akuntansi yang manual menjadi otomatis secara online. Dengan jumlah pengguna lebih dari 20.000 diseluruh indonesia.
  2. Tampilan UI yang sangat mudah dipahami dan mudah dioperasikan sehingga membuat siapa saja yang tidak memahami akuntansi dapat membuat laporan keuangan dengan mudah.
  3. Fitur lengkap di dalam satu platform tentunya akan memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan bisnis perusahaan.
  4. Memiliki keamanan berstandar ISO 27001 yang mana telah setara dengan keamanan Bank.
  5. Memiliki banyak partner konsultan terbaik yang dapat membantu pengguna dalam mengimplementasikan software akuntansi dari jurnal.id salah satunya adalah frconsultantindonesia.com

Zahir Accounting

Zahir accounting merupakah salah satu software akuntansi yang telah berada di indonesia hampir selama 24 tahun yang dipercaya telah membantu banyak perusahaan di indonesia. Penulis telah mendengar software akuntansi ini sejak masa kuliah di tahun 2003. Dimana pengembangan software akuntansi ini juga sangat keren dari yang berbasis lokal dengan cara install di masing-masing komputer hingga di tahun 2020 telah mengadopsi teknologi berbasis cloud.
zahir-accounting

Zahir dapat membantu bisnis anda tumbuh dengan pesat melalui :

Menghasilkan Laporan Keuangan Dengan Cepat

Solusi yang tepat untuk mengelola keuangan bisnis Anda adalag dengan menggunakan software akuntansi dari Zahir yang dapat membantu pengusaha untuk menghasilkan laporan keuangan secara instan. Karena zahir membuat anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikan laporan keuangan. Laporan keuangan bisa diakses secara realtime kapan saja dan dimana saja.

Kontrol Persedian Antar Cabang

Dengan zahir anda bisa dengan mudah mengontrol persediaan bisnis Anda secara realtime. Seperti mengatur semua proses bisnis dari satu tempat, mulai dari sales & invoices, purchase, inventory semuanaya instant dan otomatis. Akses yang mudah kapan saja dan dimana saja.

Kontrol Hutang dan Piutang Bisnis

Kapan saja Anda bisa melakukan pengecekan untuk mengelola hutang dan piutang bisnis yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Memudahkan Anda untuk mengambil keputusan secara cermat dan efisien. Sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan maksimal.

Mudah dalam Pembuatan Invoice

Tidak membutuhkan waktu banyak untuk membuat invoice hanya dalam hitungan detik. Anda bisa membuat dan mengelola invoice kapan saja dan dimana saja.

Zahir hadir dengan partnership yang membantu dalam proses implementasi penggunaan zahir karena tidak semua pengguna mampu menggunakan aplikasi secara baik dan tepat. Salah satu partner dari zahir adalah frconsultantindonesia.com dari PT. Fortuna Patama Konsultan Indonesia yang berlokasi di depok, jawa barat cek disini

Demikianlah 2 software akuntansi yang sangat powerfull untuk digunakan dalam membantu akuntan dalam membuat laporan keuangan. Memberikan perusahaan sebuat tools untuk mengelola operasional bisnis dengan cepat dan tepat akan memberikan efek positip dalam pertumbuhan bisnis perusahaa.



0 Response to "Software Akuntansi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel